chijow

Just another WordPress.com site

YOGHURT MAKER

on April 18, 2012

YOGHURT MAKER

Berawal dari sakit maagh yang aku alami, aku jadi sering mengkonsumsi yoghurt. Berhubung yoghurt yang enak harganya mahal maka aku putuskan untuk belajar bikin yoghurt sendiri. Sebenernya bikin yoghurt bisa pake panci biasa atau aku juga bisa pake slow cooker-ku. Tapi aku blm punya termometer buat ngepastiin suhu 40 derajat-an. Akhirnya aku browsing internet dan nemuin alat yoghurt maker ini. Maka dari pada kalo gambling bikin yoghurt-nya gagal gara2 suhu, mending aku niatin beli alat ini.

Alat ini aku pilih karena ada timernya jadi agak memudahkan buat kontrolnya. Kalo yoghurtnya mau dibikin ice cream / froyo, aku setting waktunya gak begitu lama 8 jam biar tetep encer. Bikin yoghurt itu syaratnya alat musti steril. jadi sebelum dipake pastikan alat yang dipake di steril dulu (kalo aku, alatnya direndam di air mendidih). Kapasitas alat ini 1,5 liter. Jadi biasanya aku siapin susu low fat 1 liter dan kultur bakeri yoghurt (semakin banyak jenis bakterinya, makin bagus hasilnya min 2 bakteri) , kalo gak ada bisa pake yoghurt yang plain.

Nah yoghurt itu biasa aku bikin sore / malem, trus setting timer bisa ditinggal tidur, pagi udah jadi. trus yang udah jadi biasanya aku sisihkan 100 ml buat biang pembuatan yoghurt selanjutnya (tp maksimal hanya 10 turunan / 10 x pake, untuk hasil yg baik). baru sisanya aku kasih rasa macem2 (madu, gula, buah, sirup, dll).

 


3 responses to “YOGHURT MAKER

  1. amie says:

    Terima kasih moms telah berbagi pengetahuan.. sangat berguna sekali..

  2. Sriati Rustandi says:

    Hallo……Sist….!, salam kenal….

    numpang tanya…., yogurt makernya merk apa…, beli dimana n harganya berapa…?
    ditunggu jawabannya…..!, thanks a lot

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: