chijow

Just another WordPress.com site

PRESSURE COOKER (PRESTO) vs SLOW COOKER

on April 18, 2012

PRESSURE COOKER (PRESTO)

OXONE

Panci presto ini aku beli via online tp COD sama orangnya. Aku pilih model ini karena bahan stainless steel & gak ada karet silikon. Presto Oxone ini kapasitasnya 8 liter, ini yang paling kecil. Memang banyak fungsi kalo mau masak cepet pake panci presto, ngempukin daging, bikin lontong, atau kalo mati lampu buat masak nasi juga. Panci presto memang menang untuk urusan masak cepet, bayangin aja kalo bikin lontong manual kalo mau ikut resep pakem musti 4 jam, kalo pake presto cuma 50-60 menit. Hemat gas kan?

Tapi kalo aku bingungnya ya kalo mau masak yang berkuah, kayak sop, rawon dll, untuk ngepasin rasanya musti terakhir. karena kan susah ngicipinnya itu, gimana??

SLOW COOKER / CROCKPOT

Nah ini bentuk slow cooker-ku, alat ini kebalikan dari presto a.k.a pressure cooker. Alat ini kapasitasnya 2,5 liter.  Panci bagian dalam terbuat dari keramik tebal yang bagus untuk menyimpan panas. Apa dasar aku ini pemalas buat masak yang rumit, jadi aku suka nyiapin masak malem hari aku setting di Low, aku tinggal tidur, pagi masakan udah jadi. Hasil masakannya menurutku lebih enak, dagingnya lembut, kalo bikin bubur kacang tanah juga jadi empuk, bubur juga enak (bisa buat alat Mpasi), bikin telur pindang juga oke, kaldu juga lebih berasa, dan bumbunya lebih kerasa meresap dibanding panci presto, lha gimana gak meresap lha wong masak juga minimal 2 jam kalo setting di High. Hehe… dan yang penting bisa ngepasin rasa / icip2, gak kayak presto.

Lontong/ ketupat / bacang juga lebih pulen pake alat ini. Kalo aku pribadi lebih seneng pake slow cooker dibanding presto, tapi lagi2 semua khan ada plus minusnya. Kalo tiba2 ada acara masak dadakan atau buat masak bandeng/ayam tulang lunak ya presto pilihannya.  Kalo masalah harga ya pilih slow cooker lha wong murah, dibanding presto yang harganya bisa 5x lipat dari alat ini.

Tapi sama2 kepake sih atau akunya aja yang kemaruk, hehehe…….


Leave a Reply

