chijow

Just another WordPress.com site

EARTHENWARE & STONE WARE

on April 18, 2012

TAJINE / TAGINE

tagine Tajine ini merupakan alat masak yang biasa ada di Maroko.  Bentuknya lucu memang, tutupnya kerucut & tebal. Alat ini  biasa digunakan dalam pembuatan resep chicken tajine, lamb tajine, dll. Cara masaknya langsung ditaruh diatas kompor tapi apinya kecil, dan dibiarkaan sampai 1 jam. Hasilnya bumbu meresap & daging jadi lebut. Ini mungkin versi “ungkep” dari maroko kali ya?..hehe

KUALI TANAH LIAT / KUALI GERABAH / CLAY POT

Sebenernya jenis gerabah seperti ini harganya murah, tapi jarang ada yang mau pakai, kalaupun ada cuma dipakai buat pajangan. Kalau aku pribadi sih suka dengan alat masak seperti ini bentuknya vintage, murah, lebih sehat karena tidak mengandung logam dan  masakan yang dihasilkan juga ada aroma tersendiri (aroma tanah maksudnya, hehe). Alat ini diameternya 20 cm. Ukuran kecil. Tapi kalau buat masak gudeg rasanya paling cocok pake alat ini. Aromanya lebih keluar, itu menurutku lho..

EARTHWARE – MANGKOK SAPO

Sapo bowl ini tidak hanya buat wadah sapo saja. Aku biasa rebus jamu juga dengan alat ini, atau kalau bikin ramen bisa juga dipake. Keuntungannya pakai alat masak gerabah adalah menyimpan panas yang lebih lama dibanding panci biasa. Dan karena ukurannya ini kecil, cukup 2 porsi jadi aku sering masak langsung dan menyajikan diatas meja makan, gak perlu ganti wadah. Bikin bubur juga oke pakai alat ini gak gampang gosong.

POCI SET

Poci set ini jauh2 aku beli dari Purwokerto. Aku tertarik karena hasil glasurnya yang halus dan warna nya merah terang. Bikin teh pake gula batu rasanya paling pas dengan poci ini. Kalau sudah dingin tinggal panasin lagi di micowave..hehe malesnya keluar.

WAJAN SERABI + ANGLO

Ini aneka cetakan serabi yang aku punya. tapi yang dari tanah liat ya yang paling belakang. Aku belinya di Jogja, harganya sih murah tapi bawanya itu yang berat. Tapi dasar dah diniatin akhirnya bisa kebawa pulang.

KENDI

Kendi ini belinya di magelang. Waktu itu niatnya cuma mau beli pancuran dari batu, akhirnya kendi dan mortar (dibawah) ini juga ikut kebeli. Beli kendi ini untuk mengingat memori masa kecil waktu belum punya kulkas, kalau minum dari kendi rasanya tenggorokan langsung adem. Tapi untuk ngilangin bau tanah liatnya ini aku butuh waktu hampir 3 minggu dan kerja keras mulai dari oven ulang dan dengan cara ganti air terus  pake air panas. Sampai saat ini aku selalu isi dengan air panas untuk mengantisipasi tumbuhnya jamur dalam kendi dan bau tanahnya udah jauh berkurang walau kadang masih kerasa, tapi ya wajar lha wong bahannya memang tanah.

MORTAR & PESTLE  / LUMPANG

Ini gambar mortar yang aku beli bareng kendi diatas. Ini buat numbuk jamu..bisa juga buat bumbu, tapi aku lebih suka pakai ulegan kalo untuk bumbu. Mortar ini kecil, laper mata aja pengin beli tapi gak dikaryakan… Habis sayang udah jauh2 kalo gak sekalian dibeli, hehe… Sebenernya aku pengin beli yang terbuat seperti bahan marmer / onik, halus dan tebel, kayaknya batunya lebih padat. Tapi punya ini juga udah cukup, buatan lokal, gak begitu mahal, dan hanya buat “ndeplok” jamu..

 

PLASTIC MORTAR & PESTLE

Nah kalo yang sebelah kiri ini versi kecil dari lumpang & alu, seperti dari batu tapi sebenarnya berbahan plastik. Diameter 9 cm. Lumayan mudah digunakan untuk menumbuk bumbu dengan kuantitas yang sedikit.

 

 


7 responses to “EARTHENWARE & STONE WARE

  1. billy says:

    saya mau order claypot (mangkok sapo) bagaimana caranya ya??
    bs info saya di 087731606008/085727618900

  2. Aji Janur Widi says:

    Saya mau beli poci set dan kwali hub. 085 746 330 333, ( Nama saya : Aji Janur Widi Banyuwangi)

  3. indri says:

    lha kalau pesan kwali tanah gimana ya, bisa hub. 087716251422

  4. egha says:

    mba kl KUALI TANAH LIAT / KUALI GERABAH / CLAY POT dan EARTHWARE – MANGKOK SAPO beli dmn ya? pasar tradisional dimana? dua2nya bs diapke memasak diatas kompor langsung y mba?

  5. Herlina says:

    Maaf mba, saya mau tanya untuk pemakaian pertama kali pada kuali tanah liat/gerabah/ claypot. apakah ada langkah2 khusus? atau hanya di cuci seperti biasa saja? karena saya ada 1 tetapi waktu masak sup untuk pertama kali supnya berbuih sis. Tolong infonya ya mba. Thanks

Leave a Reply

